Periferal

  1. Perangkat Keras
    Pengertian Periferal adalah perangkat input/output yg merupakan bagian dari pendukung sistem.
    Komputer terdiri dari 4 komponen penunjang utama, yaitu perangkat masukan (input device), perangkat pemrosesan (CPU), perangkat penyimpanan (storage device), dan perangkat keluaran (output device).

    1. Perangkat masukan : merupakan perangkat yang memberikan sinyal masukan terhadap komputer. Masukan itu berupa sinyal input dari maintenance input.Sinyal Input adalah segala sinyal yg akan diolah oleh sistem komputer dan sinyal maintenance adalah sinyal yg digunakan utk mengolah sinyal input.Perangkat masukan langsung dibagi menjadi 2, yaitu :

    * Perangkat masukan langsung : Input langsung diproses CPU tanpa disimpan oleh penyimpanan luar. Contohnya Mouse, Keyboard, Joystick, Scaner, Microphone, CD-Room
    * Perangkat masukan tak langsung : Data yg masuk tidak langsung diproses melainkan direkam dahulu ke media penyimpanan luar

    2. Perangkat Pemrosesan : merupakan pusat pengolahan dan pengontrolan segala pemrosesan data. Terdiri dari

    * Control Unit :Menerjemahkan perintah secara berurutan yang diteruskan ke komputer
    * Arithmatic Logic Unit (ALU) : memproses data melalui perhitungan penambaha, pengurangan serta logika
    * Memory (pengingat) : penyimpan data pada proses aplikasi program yang dimasukan ke komputer

    3. Perangkat penyimpanan : berfungsi utk menyimpan data yg telah dimasukan dan juga menyimpan hasil pemrosesan kerja CPU


    1. USB (Universal serial Bus) merupakan port media untuk lokasi USB disk/stronge



    2.Mouse/Tetikus atau yang lebih dikenal dengan nama mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik. Tetikus berbentuk seperti seekor tikus sehingga dalam bahasa Inggris peranti ini disebut mouse.

    Tetikus pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, tetikus ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).

    Bentuk tetikus yang paling umum mempunyai dua tombol, masing-masing di sebelah kiri atas dan kanan atas yang dapat ditekan. Walaupun demikian, komputer-komputer berbasis Macintosh biasanya menggunakan tetikus satu tombol.

    Tetikus bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Tetikus yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.

    Saat ini, teknologi terbaru sudah memungkinkan tetikus memakai sistem laser sehingga resolusinya dapat mencapai 2.000 titik per inci (dpi), bahkan ada yang bisa mencapai 4.800 titik per inci. Biasanya tetikus semacam ini diperuntukkan bagi penggemar permainan video

    3. Keyboard/Papan ketik (bahasa Inggris: keyboard) atau kibor adalah peranti untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer.

    Papan ketik terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya.

    Ada berbagai jenis tata letak tombol pada papan ketik. Akan tetapi, yang paling populer dan umum digunakan adalah tata letak QWERTY, meniru sistem tata letak mesin ketik.

    Papan ketik tipe baru biasanya mempunyai tombol tambahan di atas tombol fungsi (F1, F2, dst.) untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan komputer. Selain itu, papan ketik baru juga sudah banyak yang mendukung teknologi nirkabel.

    4. JOYSTICK adalah alat masukan komputer yang bracejada tuas yang dapat bergerak ke segala arah

    5. SCANNER merupakan suatu alat yang digunakan untuk memindai suatu bentuk maupun sifat benda, seperti dokumen, foto, gelombang, suhu dan lain-lain. Hasil pemindaian itu pada umumnya akan ditransformasikan ke dalam komputer sebagai data digital.

    6. MICROPHONE adalah alat elektronika yang berguna untuk mengubah sinyal suara menjadi sinyal listrik.


    7. CD-ROM Drive berfungsi untuk membaca data input dari kepingan CD.


    8. RAM

    Random access memory, RAM adalah sebuah tipe penyimpanan komputer yang isinya dapat diakses dalam waktu yang tetap tidak memperdulikan letak data tersebut dalam memori.


    9. HARRDISK adalah sebuah komponen perangkat keras yang menyimpan data sekunder dan berisi piringan magnetis.


    10. FLOPPY DISK dalah sebuah perangkat penyimpanan data yang terdiri dari sebuah medium penyimpanan magnetis bulat yang tipis dan lentur dan dilapisi lapisan plastik berbentuk persegi atau persegi panjang.

    11. CD-ROM adalah media penyimpan dalam bentuk kepingan cakram.


    13. PRINTER adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas.

    Diposkan oleh zairin di 18:47 0 komentar
    Senin, 2009 September 07

    Memasang Komponen
    Motherboard adalah komponen utama sebuah komputer. Disebut motherboard karena semua komponen komputer lainnya menginduk ke komponen ini. Komponen-komponen lain seperti harddisk, drive optik, prosesor, memori, video card, floppy disk drive semuanya ditancapkan ke dalam slot yang disediakan di motherboard.
    Diposkan oleh sidiq di 18:28 0 komentar
    CARA MERAKIT PC
    By giyonyuk

    Cara Mudah Merakit PC

    Menguasai perakitan PC secara mudah, cepat, dan praktis

    v Memasang motherboard

    v Memasang Prosesor

    v Memasang Kipas Angin

    v Memasang Memori

    v Memasang Ke Casing

    v Menentukan Jumper Master dan Slave pada Hard Disk dan CD Room

    v Memasang Kabel SATA pada MotherBoard Ke Harddisk

    v Memasang Kabel Dari PS Ke Mother Board

    v Memasang Kabel dari SP Harddisk, CD Room, Flopy disk

    v Memasang Semua Yang terhubung ke CPU
    Diposkan oleh sidiq di 18:27 0 komentar
    Peralatan dapur :
    1. Obeng kembang (+).
    2. Otak sehat.
    3. Obeng biasa (-) Untuk motherboard AMD dan pentium III soket.

    Cara memasak :
    1. Lepaskan kabel-kabel power yang terhubung dengan power supply.
    2. Lepaskan kabel-kabel IDE Floppy Disk dan CD-Room dari casing.
    3. Lepaskan kabel-kabel front panel dari motherboard.
    4. Lepaskan VGA (Video Graphic Adapter), soud card yang terpasang pada motherboard.
    5. Lepaskan modul RAM (Random Acsess Memory) dari slot motherborad.
    6. Buka baut-baut motherboard.
    7. Lepaskan kipas prosesor dari motherboard .
    8. Lepaskan prosesor dari motherboard.
    Diposkan oleh sidiq di 18:06 0 komentar
    •KEYBOARD&MOUSE
    •KEYBOARD FUNGSINYA UNTUK MENGETIK
    •MOUSE FUNGSINYA UNTUK MENGARAHKAN ANAK PANAH
    Diposkan oleh sidiq di 18:02 0 komentar
    •POWER SUPPLY FUNGSI UNTUK MENGUBAH ARUS AC MENJADI ARUS DC DAN UNTUK DI DISTRIBUSIKAN UNTUK SEMUA KOMPONEN KOMPUTER
    Diposkan oleh sidiq di 18:00 0 komentar
    •CD ROOM , DVD ROOM,RW
    •CD ROOM FUNGSINYA BISA MEMBACA KEPINGAN CD
    •DVD ROOM FUNGSINYA BISA MEMBACA CD&DVD
    •DVD RW FUNGSINYA BISA MEMBACA & MEMBAKAR CD &DVD
    Diposkan oleh sidiq di 17:59 0 komentar
    •MOTHERBOARD ADALAH TEMPAT DARI SEMUA KOMPONEN KOMPUTER YANG TERPASANG
    •FUNGSI : UNTUK MENGHUBUNGKAN KOMPONEN SATU KE KOMPONEN LAIN

0 komentar:

Posting Komentar

advertise here
advertise here
advertise here
advertise here